Selasa, 27 Oktober 2009

TIPS MEMILIH TANAMAN YANG BAIK UNTUK KEBUN

Memilih tanaman yang baik untuk kebun seringkali kita membeli tanaman dari keinginan yang timbul tetapi kemudian kita sadari tanaman tersebut tidak cocok kita letakkan di kebun kita. Sebelum membeli tanaman kita perlu melihat kondisi dari kebun tersebut. Hal yg perlu dilihat adalah seberapa banyak lahan yang mendapat sinar matahari, kondisi tanah dan aspek angin. Dengan bekal ini anda bisa membeli tanaman yang terbaik untuk situasi kebun anda.

Tanaman yg menyukai keteduhan untuk lahan yg terlindungi dari sinar matahari, untuk tanaman yg menyukai sinar matahari ditempatkan di lahan terbuka, Pecinta matahari untuk bintik panas, tanaman yg tahan terhadap musim kemarau untuk lahan yang teduh atau terbuka dan tanaman rawa untuk lahan dengan pengairan yg kurang baik.

Ujilah tanah anda terlebih dahulu untuk menentukan tingkat pH tanah anda dan nutrisi apa yg perlu ditambahkan untuk kesuburannya jika diperlukan. Bersifat asam atau bersifat basa. Kebanyakan tanaman lebih menyukai yg bersifat asam, tetapi ada beberapa yang harus ditanam dalam tanah yang bersifat basa untuk bisa tumbuh. Anda dapat mengubah tingkat pH tanah, tetapi lebih mudah menanam tanaman yg sesuai dengan kondisi tanah yg anda miliki.
Sekarang anda hampir siap untuk menanam. Jika anda membeli satu jenis untuk semuanya maka kebun anda nampak kurang rimbun. Penanaman tanaman yg berkelompok akan memberi kesan selaras, menambah keharmonisan dan anda dapat memvariasikan berbagai macam warna tanaman sesuai dengan minat.

Sebelum menanam, tempatkanlah tanaman masih dalam potnya di kebun anda sesuai ditempat yang anda inginkan agar kita bisa memvisualisasikan tatanan bila sudah tertanam nanti. Tata ulang penataan letak sampai anda merasa pas. Tanaman yang berkelompok dari 3 atau 5 set jenis biasanya lebih menarik terlihat daripada yang lebih banyak jenisnya. Pastikan anda memiliki kombinasi yg menarik dari warna dan tekstur tanaman. Tanaman yg tumbuh tinggi bisa diletakkan di bagian belakang atau diletakkan ditengah kebun anda jika anada memiliki areal kebun yang sama luas dimasing2 sisi. Tanam-tanaman tinggi seharusnya pergi ke kembali, atau Jika kebun pusat anda akan dilihat dengan sama dari semua sisi. Usahakan untuk menjauhkan tanaman anda dari pepohonan. Akar dari pepohonan dapat mengambil semua nutrisi tanah yg diperlukan bagi tanaman anda.

Pemilihan warna adalah salah satu cara untuk memelihara keharmonisan dari kebun anda. Bayangkan berbagai warna dari bunga2 itu saat bersemi. Beberapa tanaman dengan warna bunga yang bertentangan masih bisa ditanam berdampingan bila memiliki masa semi yang berbeda. Warna dedaunan juga penting, banyak dedaunan yg memiliki warna menarik sama halnya dengan bunga. Jadi tanaman akan tetap tampil menarik walau bukan di musim semi.

creadit by :

(Dwi Putri Destiani-150310080040)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar